Rabu, 28 Desember 2011

Pemuda semangat, Kaukah itu?

Pencarian jati diri memanipulasi para remaja atau pemuda, Terlupa akan kualitas ataukah kuantitas dirinya, kegelisahan hati melupakan akan peran mereka sebagai tulang rusuk pengokoh bumi, bakat dan potensi lenyap termakan arus pradigma talik buta dan salah memilih lingkungan, keberontakan dan kecanduan obat-obatan masuk ke pompa darahnya, tiada harapan, tiada metamorfosis baru, hiks.. hiks… Tapi untungnya Dia bukan diriku, dan katakan hai pemuda bukan kau pula!!!!

(Di kisahkan disebuah desa cibisul, kecamatan ci cenang, kabupaten ci aratel, ada DUA sosok pemuda yang mau berubah jadi superman.. oup! maksudna sesosok pemuda yang s3: sura seri sorangan, tuwing.. nesu nesu ora opo opo, hahay. walah walah lebih tepatnya sesosok pemuda yang semangat, smart, shaleh, siapakah itu?)
#Di deket pohon rindang, odong menghabiskan hari2nya dalam imajinatif lamunan yang tak berbuah karya#
Odong   : eleh.. eleh.. eleh, aku Adalah buah karya cinta ibu bapakku,,
Aku.. aku.. aku.. harus jadi apakah Tuhan? (sambil merenung), Ah tapi  tak apeulah aku begini, kan  preiden  sudah ada, dokter? Sudah ada, polisi? Ada Briptu Norman, guru? Sudah banyak…
(tanpa odong sadari, dibelakangnya ada sesosok manusia yang bernama enong yang ngiris melihatnya)
Enong    : eum.. pantesan negeri ini tak maju-maju, apo kateu dunio?!! Cek.. cek..cek..
Odong   : maksud lha apa nong?
Enong  : lihat saja aktifitasmu, hanya pasrah, tak punya harapan, tak punya mimpi, bahkan untuk dirimu sendiri. ya ampuan ih kasihan, kalau tua nanti kau tak punya tumpuan. bagai batu tak tampak dan batu tak ternama, untungnya kau bukan diriku.
Odong   : waduh perkataanmu cabe banget, sejujurnya dari baheula kala, diriku pingin menjadi manusia nyata, biarku punya sejarah yang terukir pasti mengharum di bumi
Enong    : cie..cie.. cie.. ayolah bangkitmu adalah untukmu, singsingkan lengan baju, bergeraklah menjadi manusia yang sebenernyanya, gali potensi dan bakatmu, mempeng bumi ramah padamu
Odong    : oh tidak biasa.
Enong  : oh bisa saja, tak kasihankah kau pada kesempurnaanmu tercipta sesosok manusia, ataukah kau mau tercipta dalam sesal setelah kain kapan membaluti?
Odong  : (angin menghembus dalam renungan hati, lalu terlihat kecerahan diwajahnya yang sempat merah padam), okeylah kalau begitu, aku adalah pemuda semangat yang punya mimpi, bangkit ah…, aku adalah manusia nyata, merci alias bin nuhun atau thank you Nong atas kata2nya, sebenernya dari dulu aku adalah manusia, namun belum kelihatan, Hahay deudeuh…
(keesokan harinya, odong menemui sahabatnya yang bernama jerawat)
Odong   : (sambil mengetuk pintu rumah jerawat), assalamkm, wat.. wat.. hayu wang ameng?
Jerawat  : ah alim – alim, ah alim-alim, ah alim- alim  nuju belajar,
Odong  : eum gayalah dikau bener-bener manusia, salut aku.. aku juga sudah jadi manuia kaya sepertimu, dan atos gaduh gelar s3. (sambil tersenyum mekar dengan penuh percaya diri)
Jerawat  : s3? Ya, I believe you. soalnya baru s1 saja dikau sudah punya gelas SCP, salut awa mah.
Odong     : apaan tuch SCP, SARJANA CAKEP PISAN nya?! Ah tau aja dikau
Jerawat   : hehe pis ah, SCP TU: sarjana copy paste.. hehe
Odong    : dasar.. kurang asem! eum, sekarang mah tidak, copy paste tugas? bukan diriku dan apakah Itu dirimu? S3 maksudku adalah semangat, sumanget dan spirit.. diriku adalah pemuda s3.
 Jerawat    : walah lebay euy, aya aya wae. sama- sama saja atuch dong maknanya, sinonim nich yech…
Odong   : hehe, iya apa saja booo….ol….leh, cemon guys kita tunjukan pada dunia, about kepemudaan kita.
Jumara     : It’s right, I agree.

***merekapun tersenyum lebar dengan semangat baru mereka, bangga terlahir jadi manusia nyata, gimana denganmu?...***

Dari cerita di atas apa yang dapat teman-teman simpulkan atau apa yang ingin anda utarakan?
Terima kasih telah membacanya.
Teruntuk teman2 kampusku khususnya dan umumnya semuanya

13 mei 2011, JAM 18.00
Di rumah sahabatku Resti kurniasari, sumber inspirasiku



 

2 komentar: